KULIAH DI SEMESTER BERAPA?

KULIAH DI SEMESTER BERAPA?

Pada tahun 2003 ketika aku sedang sibuk-sibuknya mengerjakan tesis S2 di di salah satu universitas terkenal di Depok, aku pernah mengalami kejadian yang menggelikan sekaligus mengherankan buatku. Suatu hari ketika sedang duduk di atas KRL (Kereta Rel Listrik) jurusan Depok-Jatinegara, tiba-tiba pemuda yang sedari tadi memperhatikanku menegur dengan mengatakan “kuliah di semester berapa?”. Karena kulihat pemuda itu lebih muda usianya dariku, maka aku untuk sedikit memepermainkannya dengan mencoba balik bertanya “menurut mas kira-kira  semester berapa?”. Sambil agak mengernyitkan dahinya ia coba-coba menerka dengan mengatakan “yah… kira-kira semester 3 lah…”. Dengan agak terkejut bercampur bangga karena kok aku dibilang lebih muda dari usiaku, aku sengaja tidak mengiyakan maupun menyanggahnya tapi malah meneruskan bertanya “kalo mas semester berapa sekarang?”.  Dia dengan enteng menjawab “saya sedang membuat skripsi…”. aku langsung mengomentari “Wah hebat mas sudah mau lulus…”. Dia mencoba memberi harapan kepadaku dengan mengatakan “nanti juga kamu akan seperti aku harus buat skripsi, emang betul kamu sekarang semester 3?” Sambil memandangnya dan mencoba berpikir apa yang harus aku katakan, akhirnya aku berterus terang bahwa aku sekarang sedang membuat tesis S2 dan usiaku sekarang sudah 37 tahun jauh lebih tua darinya. Setengah terperangah dengan agak terbata-bata ia bilang “oh gitu ya mbak… maaf ya mbak… saya pikir mbak lebih muda dari saya…” Ia lebih terperangah lagi ketika aku ceritakan bahwa aku telah menikah dan memiliki 2 orang anak yang sudah besar. Aku pun tidak putus-putus herannya, apakah benar kebanyakan orang melihatku lebih muda dari usiaku yang sebenarnya… Alhamdulillah kalau begitu, semoga hal ini bisa menyenangkan orang lain yang melihatnya.

(Benarkah Aku Terlihat Lebih Muda)

Published in: on December 12, 2009 at 5:55 pm  Leave a Comment  
Tags: , , , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://hirzithariqi.wordpress.com/2009/12/12/kuliah-di-semester-berapa/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

